BERITA

Keluarga Hebat Keluarga Terencana

Senin, 29 Juni 2020   NN   93  

Senin 29 Juni 2020 seluruh jajaran pada Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa melaksanakan upacara puncak peringatan hari keluarga nasional ke-27 tingkat Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa. Dalam pelaksanaan upacara tersebut juga di ikuti oleh UPT KB Kecamatan dan Petugas Keluarga Berencana dari kecamatan.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa Trikaryati, S.Sos

Dalam sambutannya kepala BKKBN menyampaikan bahwa BKKBN bertekad membangun cara dan semangat baru dalam mewujudkan keluarga berkualitas, maka BKKBN mengambil tema umum HARGANAS ke-27 tahun ini yaitu " Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju " dan tema khusus yaitu " BKKBN Baru Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu "

Selanjutnya Kepala BKKBN mengatakan meskipun dalam pelaksanaan HARGANAS tahun ini kita laksanakan dengan sederhana akibat pandemi Covid-19, namun banyak hikma yang tetap harus memberikan manfaat langsung pada keluarga dan masyarakat, salah satunya melalui pelayanan KB sejuta Akseptor serta pemberian layanan jemput bola program Bangga Kencana kepada seluruh keluarga di Indonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

BKKBN saat ini melakukan rebranding program dengan nama Bangga Kencana ( Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana ). Program Bangga Kencana harus dapat menjangkau seluruh keluarga Indonesia, termasuk keluarga-keluarga yang mengalami kesulitan, terutama di wilayah-wilayah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, kumuh, dan daerah tertinggal lainnya

Salah satu upaya tersebut, lanjut Hasto berupa pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas atau Kampung KB yang telah dicanangkan oleh Presiden pada tanggal 14 Januari 2016 yang lalu di Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat dan saat ini sudah terbentuk 15.923 Kampung KB di Seluruh Indonesia termasuk 34 Kampung KB yang telah terbentuk di Kabupaten Sumbawa.

Dalam strategi pembangunan nasional 2020-2024 BKKBN mempunyai peran pada dimensi pembangunan manusia ( Dimensi Pembangunan Kesehatan dan Mental / Karakter ). Dengan demikian BKKBN harus berkontribusi dalam pelaksanaan Revolusi Mental melalui keluarga berbasis pancasila. Revolusi mental harus dimulai dari tingkat keluarga karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana pertama dan utama bagi penyemaian karakter bangsa.

Keluarga menjadi ajang yang paling sempurna untuk menanamkan nailai revolusi mental, yaitu integritas, etos kerja, gotong royong, dan pebangunan karakter sejak dini. Lanjut Hasto

Dalam penutup sambutannya Hasto menyampaikan terima kasih atas sinergitas yang luar biasa antaraBKKBN dengan Tim Penggeraka PKK, Pemerintah Daerah Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota maupun mitra-mitra BKKBN lainnya dalam rangka membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • IpeKB Sumbawa Peduli Bahaya Covid-19

    Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) Sumbawa untuk bergerak serempak dalam melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19 sekaligus penyuluhan tentang bahaya hamil di tengah masa Pandemi