BERITA

Sosialisasi Pencegahan Penyebarluasan Dampak Covid 19 oleh DPC IPeKB Kabupaten Sumbawa

Selasa, 09 Juni 2020   ANH   334  

PKB/PLKB Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam oraganisasi profesi Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) melakukan Sosialisasi terkait pandemik Covid 19. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penyuluhan dengan menggunakan  Mobil Operasional Penerangan KB (MUPEN) di 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang berlangsung selama bulan Juni 2020 tersebut merupakan wujud peran aktif PKB/PLKB dalam mengantisipasi penyebaran Covid 19 dan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh wabah tersebut.

Pada sosialisasi tersebut, DPC IPeKB Kabupaten Sumbawa menyampaikan beberapa pesan kunci terkait Covid 19 termasuk dampak yang ditimbulkan terkait Program BanggaKencana. Pesan kunci dalam penanganan Covid 19 di antaranya adalah (1) Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir; (2) Menggunakan Masker Saat Bepergian dan di Luar Rumah; dan (3) Menghindari Keramaian dan Menjaga Jarak.

Adapun terkait dengan Program BanggaKencana, maka pesan yang disampaikan terkait dengan resiko bagi Pasangan Usia Subur (PUS) yang hamil di tengah pandemic Covid 19. Wanita yang dalam masa awal kehamilan memiliki resiko yang lebih besar tertular Covid 19, karena daya tahan tubuhnya akan menurun disebabkan kondisi kehamilan tersebut. Oleh karena itu disampaikan himbauan agar PUS menunda kehamilan dalam masa pandemic Covid 19 ini dengan menggunakan alat kontrasepsi.

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa sebagai Perangkat Daerah yang mengelola Program BanggaKencana. Selain itu juga diadakan kerja sama dengan Gugus Tugas Penaganganan Covid 19 Kabupaten Sumbawa yang menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker untuk dibagikan kepada masyarakat selama pelaksanaan Sosialisasi tersebut.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan seperti ini akan membangun kasadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat sehingga bisa melindungi diri dan keluarga dari resiko terkena penyakit. (ANH)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    PEMBINAAN DAN FASILITASI PELAKSANAAN PKBR KELOMPOK BKR

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok BKR