BERITA

Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di SMKN 3 Sumbawa Besar

Rabu, 15 Januari 2020   ( Muty/PP-PA)   38  

Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di Sekolah adalah salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk meminimalisir kekerasan terhadap anak dan bagaimana anak – anak dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai ancaman tindak kekerasan yang akan terjadi pada diri anak – anak. Oleh sebab itu DP3AP2KB Provinsi NTB bersama Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di sekolah SMKN 3 Sumbawa yang di tunjuk oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa. 

Dalam sambutannya kepala sekolah SMKN 3 Sumbawa atau yang diwakili oleh bidang Humas SMKN 3 Sumbawa Zulkarnain,  menyampaikan bahwa sangat bersyukur sekolah ini dapat diberi kesempatan  untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di Sekolah,  dengan ini para siswa – siswi SMKN 3 Sumbawa dapat memahami apa yang dimaksud dengan Perlindungan diri sendiri apabila ada prilaku – prilaku yang akan berakibat merugikan pada dirinya dan atau pada anak – anak di sekitarnya.

Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Dinas P2KBP3 Kabupaten Sumbawa  yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Laeli Febrianti, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa alasan kenapa SMKN 3 Sumbawa Kecamatan Unter Iwes yang di tunjuk untuk kegiatan ini, adalah karna di akhir tahun 2019 dan di awal tahun 2020 di kecamatan  ini merasa miris sebab banyak terjadinya Pesta sex di sekitar lingkungan ini dan harapannya kedepan bahwa semoga anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah agar menghindari hal-hal seperti ini dan dengan adanya sosialisasi ini akan dapat sekiranya memahami dampak pergaulan sex bebas terhadap alat reproduksi dan psikis pada usia anak apabila sampai berlangsung ke perkawinan Usia Anak, harap Laeli.  Kabid menambahkan  bahwa semua yang disampaikan ini agar siswa-siswi kedepannya untuk tidak menirunya.

Kegiatan Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di Sekolah di hadiri oleh 3 Orang Narasumber, 2 Orang Moderator dan 1 Orang Notulensi, dengan Materi Kesehatan Reproduksi dan HIV/AID, Perlindungan Anak Pendewasaan Usia Perkawinan

Para siswa – siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini dilihat dari aktifnya anak – anak bertanya pada sesi diskusi tanya jawab dan siwa – siswi bukannya hanya bertanya saja bahkan berbagi pengalaman bagaimana untuk menjadi seorang yang mencapai cita – cita dan masa depan.

Diakhir kegiatan Kepala sekolah atau yang mewakili berharap Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di Sekolah ini agar seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat di jadwalkan karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengetahuan siswa – siswi yang duduk di Kls X, XI dan XII yang masih sangat belum stabil dalam menentukan sikap. 
 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa Optimis Raih Pratama KLA 2020

    Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa, optimis dapat meriah predikat Pratama untuk Kabupaten Layak Anak (KLA) di tahun 2020. Berdasarkan hasil rapat evaluasi 2019 yang dilakukan di Aula Bappeda Kabupaten Sumbawa baru-baru ini, dan dihadiri oleh Ketua dan anggota gugus tuga masing-masing klaster, masih terdapat kendala pada kelengkapan admistrasi.

    Sehari Belajar Diluar Kelas

    Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumbawa melayangkan surat edaran terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas. Hal ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

    Bupati : ANAK ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA

    Bupati : ANAK ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumbawa pada saat memberikan sambutan pada acara Pekan Anak Samawa dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Sumbawa.