BERITA

Sehari Belajar Diluar Kelas

Jumat, 08 November 2019   MD   26  

Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumbawa melayangkan surat edaran terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas. Hal ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Pelaksanaan sehari belajar di luar kelas dilakukan dalam upaya memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak perlu memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan bakat dan kemampuan anak melalui Sekolah Ramah Anak.

Kegiatan pengembangan Sekolah Ramah Anak ini digelar untuk memperingati Hari Anak Universal yang diperingati setiap tanggal 20 November. Kegiatan sehari belajar di luar kelas dilaksanakan secara serentak pada satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, MTS/SMP, SMA/MA dan SLB tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, pada Kamis (7/11).
Demi kelancaran dan efektifnya pelaksanaan kegiatan sehari belajar di luar kelas, maka Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama di daerah masing-masing.

Adapun jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang akan dilakukan serentak yakni, menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua. Kemudian, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas.

Simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak senam Germas permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan penutupan dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar. (Muty/PP_PA).

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa Optimis Raih Pratama KLA 2020

    Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa, optimis dapat meriah predikat Pratama untuk Kabupaten Layak Anak (KLA) di tahun 2020. Berdasarkan hasil rapat evaluasi 2019 yang dilakukan di Aula Bappeda Kabupaten Sumbawa baru-baru ini, dan dihadiri oleh Ketua dan anggota gugus tuga masing-masing klaster, masih terdapat kendala pada kelengkapan admistrasi.

    Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di SMKN 3 Sumbawa Besar

    DP3AP2KB Provinsi NTB bersama Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi upaya Perlindungan Anak di Sekolah

    Bupati : ANAK ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA

    Bupati : ANAK ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumbawa pada saat memberikan sambutan pada acara Pekan Anak Samawa dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Sumbawa.