BERITA

Bupati : ANAK ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA

Kamis, 31 Oktober 2019   MD   62  

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sumbawa pada saat memberikan sambutan pada acara  Pekan Anak Samawa dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Sumbawa. 
Sebelumnya telah diadakan berbagai kegiatan, baik lomba kesenian tradisional, lomba permainan tradisional lomba mewarnai, hingga senam massal yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Sumbawa, Jumat (25/10) lalu. Bupati Sumbawa H. Husni Jibril B.Sc pada sambutannya dipuncak Hari Anak menyatakan, Anak adalah anugrah yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang tua. Anak adalah harta yang paling berharga yang dimiliki oleh orang tua, harta yang harus dijaga, dilindungi, dan diproteksi dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga. ‘’selaku orang tua, alangkah baiknya bila kita terus menerus mengawasi dan memberikan bimbingan kepada ana-anak kita, agar mereka tidak lepas kontrol dan terjerembab kedalam keputusan dan pergaulan yang salah, yang diakibatkan atau dampak dari lingkungan disekitarnya,’’ Harap Bupati Sumbawa dihadapan peserta senam massal HAN.
Perlu juga kita sadari Terang Bupati bahwa permainan yang baik haruslah membantu mengembangkan kemampuan fisik dan psikis anak. Dan ketahui pula bahwa setiap usia memiliki tahapan-tahapan perkembangan yang harus dicapai. Jadi ada baiknya kita bisa memilih permainan yang bisa membantu si kecil mencapai tahapan-tahapan perkembangan tersebut. Sebagai contoh, anak yang berusia 20 bulan sedang senang-senangnya melakukan kegiatan panjat memanjat, maka permainan terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya tersebut adalah mengajak si kecil untuk berolahraga. Dengan memilih olahraga yang mengharuskan dia melakukan kegiatan memanjat, yang tetap dalam pengawasan kita.
Begitu pentingnya mengelola perkembangan anak ujar Bupati, sehingga pemerintah daerah terus berupaya menyiapkan berbagai sarana-sarana pendukung bermain bagi anak di area publik. Sebab, anak-anak adalah aset terbesar sebuah bangsa, karena di tangan mereka terwujud sebuah negara yang akan terlihat 20 tahun lagi. ‘’Membayangkan bangsa ini 20 tahun lagi, kita perlu bercermin dengan melihat anak-anak masa kini. Bagaimana mereka mendapatkan pendidikannya saat ini? Merekalah yang akan mewarnai kehidupan negara kita di masa depan. Jika anak-anak tumbuh dengan semestinya, dan mendapatkan hak untuk menjadi anak sesuai usianya, insya allah mereka menjadi manusia yang santun dan bermoral,’’ Terang Bupati menutup sambutannya.
Sementara itu Kepala Dinas P2KBP3A Tri Karyati, S.Sos menyatakan Kegiatan Pekan Anak dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2019. Dinas P2KBP3A bekerjasama dengam Forum Anak Samawa ini merupakan momentum dalam rangka memberikan perhatian kepada anak-anak Indonesia terutama pemenuhan hak-hak anak diantaranya hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Juga sebagai bentuk penyiapan penyiapan generasi yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa dengan Tema Generasi Sumbawa Cerdas dan Kreatif dalam mewujudkan Sumbawa Menuju Kabupaten Layak Anak.
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Anak Nasional, Lomba kesenian tradisional dan Lomba permainan Tradisional yang diikuti oleh siswa – siswi SD,SMP, dan SMA sederajat. Lomba mewarnai kerjasama dengan alfamart diikuti oleh peserta didik PAUD dan TK. (Md/PPPA)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa Optimis Raih Pratama KLA 2020

    Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa, optimis dapat meriah predikat Pratama untuk Kabupaten Layak Anak (KLA) di tahun 2020. Berdasarkan hasil rapat evaluasi 2019 yang dilakukan di Aula Bappeda Kabupaten Sumbawa baru-baru ini, dan dihadiri oleh Ketua dan anggota gugus tuga masing-masing klaster, masih terdapat kendala pada kelengkapan admistrasi.

    Sosialisasi Upaya Perlindungan Anak di SMKN 3 Sumbawa Besar

    DP3AP2KB Provinsi NTB bersama Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi upaya Perlindungan Anak di Sekolah

    Sehari Belajar Diluar Kelas

    Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumbawa melayangkan surat edaran terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas. Hal ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia