BERITA

Kampung KB Surya Bakti Kelurahan Pekat merintis pembentukan Rumah DataKu

Selasa, 29 Oktober 2019   ANH   192  

Rumah DataKU adalah wadah untuk menyatukan indikator lintas sektoral agar dapat diakses bersama sebagai dasar perencanaan di Kampung KB. Menyadari hal tersebut, maka POKJA Kampung KB Surya Bakti Kelurahan Pekat, melalui rapat POKJA hari Rabu (23/10) menyepakati untuk menyusun langkah-langkah pembentukan Rumah DataKu di Kampung KB Surya Bakti. Lokasi yang akan dijadikan Rumah Data adalah Sekretariat Kampung KB.

Camat Sumbawa selaku salah satu narasumber pertemuan menyampaikan bahwa pada akhir 2019 ini intervensi yang akan dilakukan di Kampung KB akan lebih berfokus kepada program non fisik seperti penanaman kesadaran dan pembangunan mental masyarakat serta pembenahan data-data administratif.

Sejalan dengan hal itu, pada pertemuan tersebut juga dibahas indikator-indikator data yang bisa diserahkan oleh masing-masing lintas sektoral yang nantinya akan dipadukan dan dilengkapi oleh pengelola Rumah DataKU. Di antara indikator tersebut adalah indikator demografi, kesertaan berKB, kesertaan JKN, dan kepemilikan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan Buku Nikah.

Sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut, diadakanlah orientasi kader pendata untuk Rumah DataKU pada hari Senin (28/10) di Aula pertemuan PKK Kelurahan Pekat. Pertemuan yang dipandu oleh PKB dan PPKBD Kelurahan Pekat juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kelurahan. Adapun peserta yang nantinya sekaligus akan menjadi kader pendata untuk Rumah DataKU merupakan sub PPKBD se kelurahan Pekat.

Setelah mendapat penjelasan teknis dari Penyuluh KB dan PPKBD, peserta kemudian diberi arahan oleh ketua TP PKK Kelurahan tentang bagaimana data yang akan dikumpulkan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya dalam program KB dan Kesehatan tapi juga sektor lain termasuk revitalisasi Dasawisma. Oleh karena itu diharapkan agar semua yang terlibat dalam proses ini bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Setelah proses pengumpulan data ini selesai dilakukan, maka hasilnya akan diolah menjadi data basis yang diharapkan dapat dipergunakan oleh berbagai sektor terkait dalam menentukan intervensi yang bisa dilaksanakan di kelurahan Pekat ke depannya

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    PEMBINAAN DAN FASILITASI PELAKSANAAN PKBR KELOMPOK BKR

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok BKR