BERITA

SOSIALISASI PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN BENTUK UPAYA MENEKAN ANGKA PERNIKAHAN DINI

Kamis, 15 Agustus 2019   MD   222  

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas P2KBP3A yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa Laeli Febrianti, S.STP, M.Si saat menyampaikan materi pada acara Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan di Masyarakat. 
Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Kanar Desa Labuhan Badas Kecamatan Labuhan Badas, Selasa, 13/07 yang diinisiasi oleh Dinas P3AP2KB Provinsi NTB. 
Kegiatan yang dihadiri oleh Camat Badas, Hizbullah S.Sos juga sebagai Narasumber, beserta sejumlah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Kader KB, serta kelompok Pemuda yang tergabung Karang Taruna. 
Disinggung, Pendewasaan Usia Perkawinan adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia minimal pada saat pernikahan yaitu 20 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria.
Tujuan program Pendewasaan usia perkawinan lanjut Laeli adalah memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar dalam merencanakan usia perkawinan mengingat masih banyaknya pernikahan pada usia muda di wilayah desa Kanar. 
" Kita harus mempertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi, serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran", imbuhnya. Selanjutnya  dijelaskan  bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya perkawinan usia dini yaitu bertambahnya jumlah kemiskinan, kematian ibu dan bayi, termasuk faktor ekonomi, budaya dan kesehatan. 
Diakhir kegiatan pada sesi tanya jawab camat beserta para tokoh masyarakat berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi awal dari komunikasi untuk selanjutnya bisa memberikan penyuluhan kepada warga pentingnya membatasi usia perkawinan.
Menutup kegiatan Sosialisasi, Kabid PP-PA menghimbau kepada para remaja yang tergabung dalam kelompok Karang Taruna agar para remaja dapat menggunakan sosial media secara positif

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok PIK Remaja

    PEMBINAAN DAN FASILITASI PELAKSANAAN PKBR KELOMPOK BKR

    Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan PKBR Kelompok BKR